KISI – KISI SOAL UAS FISIKA

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

MATA PELAJARAN FISIKA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

KABUPATEN BULELENG

No Kompetensi / Sub Kompetensi Indikator No Soal
1. Sistem Satuan –          Disajikan beberapa besaran dalam fisika, siswa dapat mengklasifikasikan besaran pokok atau besaran turunan

–          Siswa dapat menentukan jumlah angka penting yang terdapat dalam suatu angka atau hasil dari pengukuran

1, 2
2. Gerak Lurus –  Diberikan grafik gerakan suatu benda yang bergerak lurus beraturan, siswa dapat menghitung salah satu / beberapa variabel ( jarak tempuh, kecepatan, percepatan, dan waktu ) dari persamaan gerak lurus beraturan dan   persamaan gerak lurus berubah beraturan. 3, 4
Hukum – hukum gerak ( Hukum Newton ) –      Siswa dapat memahami penerapan hukum – hukum Newton pada kehidupan sehari-hari dan  dapat menentukan besar salah satu variabel gaya dari beberapa gaya yang bekerja pada suatu benda

–      Siswa dapat menentukan besar percepatan yang ditimbulkan suatu gaya bekerja pada benda jika massa benda diketahui

5, 6
4. Usaha, Energi dan Daya –      Siswa dapat menghitung besar energi potensial gravitasi yang dihasilkan suatu benda

–      Siswa dapat menentukan besarnya usaha yang ditimbulkan suatu gaya yang bekerja pada suatu benda

–      Siswa dapat menentukan besar daya yang diperlukan benda jika variable lain diketahui

7, 8, 9, 10
5. Momentum –   Diberikan dua benda yang bergerak

saling berlawanan ataupun searah dengan kecepatan tertentu dan saling bertumbukan secara linear, siswa dapat menentukan besar dan arah kecepatan dari dua benda tersebut setelah bertumbukkan.

11, 12
6. Gerak Melingkar Beraturan –      Siswa dapat menghitung kecepatan linear yang dialami benda dalam gerak melingkar jika variable lain diketahui.

–      Siswa mampu menghitung salah satuvariabelyang berhubungan dengan gaya sentripetal pada benda jika variabel lain diketahui

13, 14
7. Sifat Mekanika Zat –      Siswa dapat menganalisis  hukum Hooke tentang elastisitas 15

No. Standar Kopetensi /

Kopetensi Dasar

Indikator No. Soal No. Soal Susulan
1.
  1. Menerapkan konsep fluida

8.1     Menguasai hukum fluida statis

  • Merumuskan konsep tekanan hidrostatis secara kualitatif dan kuantitatif
  • Merumuskan Hukum Pascal dalam bentuk persamaan matematis
  • Merumuskan Hukum Archimedes secara kualitatif dan kuantitatif

1

2

1

2

8.3  Menghitung fluida statis
  • Menerapkan Hukum Pascal dalam masalah fisika sehari-hari
3 3
2.
  1. Menerapkan konsep suhu dan kalor

7.1  Menguasai konsep suhu dan kalor

  • Mengidentifikasi sifat termometrik bahan
  • Mengidentifikasi macam-macam skala termometer
  • Membandingkan peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi

4, 5

6

7, dan 1 essay

4, 5

6

7, dan 1 essay

7.2  Menguasai pengaruh kalor terhadap suatu zat
  • Mengidentifikasi peristiwa perubahan wujud zat dari contoh dalam kehidupan sehari-hari
8 8
3.
  1. Menerapkan hukum termodinamika

9.1  Menguasai hukum termodinamika

  • Mengidentifikasi proses-proses yang dialami gas dalam ruang tertutup

9

9

4. 10.  Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi

10.1 Menguasai hukum getaran, gelombang dan bunyi

  • Menemukan karakteristik gelombang transversal dan longitudinal

12

12

10.2 Membedakan getaran, gelombang, dan bunyi
  • Mendeskripsikan pengertian frekuensi dan periode suatu getaran
10 10
10.3Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi
  • Menghitung frekuensi dan periode ayunan bandul
11 11
5. 11.  Menerapkan konsep magnet dan elektromagnetik

11.3Menggunakan magnet

  • Mendeskripsikan penggunaan magnet pada peralatan listrik
13 13
6. 12      Menerapkan konsep optik

12.3 Membedakan konsep cermin dan lensa

  • Menggambarkan pola pembentukan bayangan pada cermin datar, cekung, dan cembung

14

14

NO. SK / KD INDIKATOR NO. SOAL
1. 11. Menginterpretasikan Listrik Statis dan Dinamis

11.1 Menbedakan konsep listrik statis dan dinamis

11.2 Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis

  • Menjelaskan sifat-sifat muatan listrik
  • Mendeskripsikan hukum Coulomb secara kualitatif dan kuantitatif
  • Menjelaskan medan listrik secara kualitatif dan kuantitatif
  • Menjelaskan definisi dan fungsi kapasitor
  • Menentukan kapasitas kapasitor pengganti berdasarkan gambar susunan kapasitor
  • Menjelaskan pengertian kuat arus dan rapat arus secara kualitatif dan kuantitatif
1, 2, 3, 4, 5

Essay 1

2. 12. Menerapkan konsep arus searah

12.1 Menguasai hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus

12.2 Menguasai hukum kelistrikan arus searah

12.3 Menghitung daya dan energi listrik arus searah

  • Menentukan nilai hambatan pengganti pada berbagai jenis susunan hambatan berdasarkan gambar.
  • Menganalisa hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus pada rangkaian sederhana
  • Menjelaskan fungsi alat ukur listrik dan penempatannya dalam rangkaian listrik arus searah
  • Menerapkan hukum Kirchoff II pada rangkaian majemuk
  • Menghitung energi dan daya listrik berdasarkan hukum Ohm
6, 7, 8, 9

Essay 2

3. 13. Menerapkan konsep magnet dan elektromagnet

13.2 Menguasai hukum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana

13.3 Mengenal penggunaan magnet dan elektromagnet dalam teknologi

  • Menghitung besarnya kuat medan magnet pada suatu titik di sekitar kawat lurus berarus
  • Menguraikan penggunaan magnet pada piranti komunikasi
10, 11
4. 14. Menerapkan konsep listrik arus bolak balik

14.1 Mengenal hukum kelistrikan arus bolak balik

14.2 Menguasai hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus listrik bolak balik

  • Mengidentifikasi karakteristik nilai arus dan tegangan bolak balik melalui grafik dan diagram fasor
  • Mengidentifikasi persamaan-persamaan pada rangkaian induktor murni pada arus bolak balik
  • Mengidentifikasi rangkaian R, L, C seri untuk menentukan impedansi RLC seri
  • Menjelaskan peristiwa resonansi pada rangkaian RLC
12, 13, 14, 15

Essay 3

5. 16. Memahami gejala dan konsep dalam fisika modern dan radioaktivitas

16.3 Memahami perkembangan teori atom

16.4 Mengenal inti atom dan gejala radioaktivitas

  • Menjelaskan model atom menurut teori kuantum
  • Membedakan sifat partikel-partikel radioaktif
16, 17

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar